TUGAS PTK

PROPOSAL PENGAJUAN

PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN

MENGARANG PADA SISWA KELAS V

DI SD NEGERI CIBOGO




Disusun Oleh : DEDE SUHERMAN

NIM : 819136196

PUSAT PEMBINAAN PENDIDIKAN TK SD/MI

GURU SD NEGERI CIBOGO

KECAMATAN TAKOKAK KABUPATEN CIANJUR

2009

A. Latar Belakang

Pada umumnya pembelajaran mengarang di sekolah dasar kurang diminati oleh para siswa ,apalagi tentang sitematika penulisan yang sesuai dengan langkah-langkah dan paragraph-paragraf tertentu.

Maka dari itu penulis mencoba melaksanakan pembelajaran mengarang melalui pendekatan contextual, namun setelah penulis mengajar di kelas V selama 2 tahun,pembelajaran dianggap sangan sulit bagi siswa kelas V.

Maka atas dasar itulah penulis mencoba melakukan Kegaiatan Penilitaian Tindakan Kelas dalam satu upaya untuk meningkatkan hasil dari pembelajaran mengarang.

Untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam pembelajaran yang juga penulis sebagi guru SD di Kecamatan Takokak ,mendapat bimbingan langsung dari para tutor tentang cara siematika Penulisan mengarang dari Bapak Edi Mulyadi,S.Pd

Di tahun kesatu penulis mencoba dengan strategi lain yaitu setelah siswa belajar menagarang ,hari berikutnya siswa disuruh membawa hasil dari karangannya tersebut dikeesokan harinya siswa belajar mengarang dengan bimbingan penulis sebagai pendidiknya dalam pelaksanaannya belajar lancar.

Akan tetapi terjadi pemahaman lain pada sebagian siswa bahwa mengarang itu adalah bentuk suatu dongeng atau cerita secara tertulis.

Pada tahun kedua dalm pembelajaran mengarang mengetengahkan dua langkah pembelajtran yaitu :

Pertama : siswa menulis langkah-langhkah pembuatan penyusunan megarang secara detail.

Kedua: siswa membuat susunan karangan didalam kelas trnyata mereka masih sangat kesulitan sehingga penulis sebagai pembimbing harus turun dalam menentukan strategi -strategi lain.

Selanjutnya pada tanggal 23 Mei 2009 Penulis mendapat izin dan surat dari Bapak Kepala Sekolah Dasar Negri Cibogo untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dikelas V dengan pendekatan contextual.

B. Rumusan masalah

Rumusan masalah Penelitian Tindakan Kelas ini adalah :

Apakah penggunaan contextual dalam upaya meningkatkan kemampuan mengarang.

C. Hipotesa tindakan

Rumusan hipotesa tindakan yang penulisa ketengahkan adalah :

Dengan implementasikannya pendekatan contextual dalam penulisan mengarang yang diduga akan menghasilkan belajar yang bermakna bagi siswa.

D. Tujuan dan manfaat Penelitian

  1. Tujuan Penelitian

Hasil penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran mengarang.

  1. Manfaat Penelitaian.

1. Bagi siswa

Ø Meningkatkan kemampuan siswa menyusun kalimat dalam mengarang

2. Bagi Guru

Ø Terampil melakukan penelitian Tindakan Kelas untuk keberhasilan siswa

Ø Tumbuh rrasa puas karena selalu berusaha meningkatkan kebermaknaan hasil belajar

Ø Terampil menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.

Ø Dapat menemukan hal-hal baru dari proses pembelajaran siswa.

3. Bagi sekolah

Ø Meningkatkan kualitas lulusan sekolah :

meningkatkan pendidika yang selalu ingin memprbaiki kinerjanaya.

E. Kerangka teori

  1. Kebermaknaan Hasil belajar

Bermakna menurut Kmus Besar Bahasa Indonesia Depdikbud (2001;703) adalah mengandung artim penting sedangkan haisl belajar menurut Udin S Winata ( 1993 : 252) adalah :

1. Hasil Belajar merupakan pengetahuan dan penegertian;

2. Hasil belajar dalam bentuk sikap dan pengetahuan;

3. Hail Belajar dalam bentuk kemampuan untuk diamalkan;

4. Hasill belajar dalam bentuk keterampilan yan dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari.

Dari pengertian diatas dapat diartikan bahwa upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mengarang adalah kemampuan-kemapuan yang sangat penting berupa pengetahuan-pengertian-pengertian dalam bentuk sikap ,perilaku yang dilaksanakan sehari-hari .Hasilupaya meningkatkan kemampuan mengarang dalam kehidupan sebagai peserta didik.

b. Pembelajaran mengarang

Mengarang adalah suatu proses penyususnan kata dalam kalimat yang berstruktur untuk dijadikan sebuah gambaran tentang maksud dan tujuan yang dicetuskan oleh seseorang dalam bentuk tulisan,sehingga orang lain yang membacanya dapat mengetahui tentang hasil dari apa yang dimaksudnya.

  1. Pendekatan contextual

1. Pengertuan pendekatan contextual adalah salah satu model pendekatan pembelajaran yang membantu guru mengaitkan materi yang dibelajarkan dengan situasi dan pengalaman siswa .dengan demikian akan mendorong siswa membuat hubungan keterkaitan antara yang didapatkan dari proses pembelajaran .Penerpannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluaraga dan masyarakat sebagai mana yang dikemukakan oleh Umaedi (2002 :507)

  1. Kebermaknaan Pembelajarn mengarang dengan Pendekatan Contextual.

Mengarang adalah suatu proses penyusunan kata dalam kalimat yang berstruktur untuk dijadikan sebuah gambaran tentang maksud dan tujuan yang dicetuskan oleh seseorang dalam bentuk tulisan sehungga orang lain yang membacanya dapat mengetahui tentang apa yang dimaksudnya.

F. Rencana penelitian

a. Seting dan karakteristik Penelitian

Penelitian tindakan Kelas ini menekankan pada penyempurnaan atau kebermaknaan hasil pembelajaran dengan ketentuan sebagi berikut ;

1. Tempat Penelitian : SD NEGERI CIBOGO

2. Waktu Penelitian : hari Seni tanggal 22 Mei 2009

3. Rekan Kolaborasi :

ü Ahmad Samudin

ü M .Ajat

Kedua Guru ini dianggap sudah memnuhi terhadap pelaksanaan tindakan kelas.

5. Sisaw kelas V SdN Cibogo bejumlah 34 orang Terdiri dari siswa laki 16 oarang dan siswa perempuan18 orang.

6. Hadir sebagi peninjau

ü Sumirat Mulyana ( Kepala Sekolah SDN Cibogo)

b. Prosedur penelitian

1. Gambaran umum Penelitian

2. Rincian Prosedur penelitian

c. Tim Peneliti

1. Dede Suherman ( Guru SDN Cibogo)

2. Bapak Buldani ( Guru SDN Sukawargi)

3. Bapak Robai ( Guru SDN Sukawargi)

G. Rencana anggaran

Angaran untuk pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas akan diambil dari dana biaya opersional sekolah (BOS) sebesar Rp. Diperuntukan : Rp.500.000,-

1. Biaya Rapat Persiapan : Rp. 100.000,-

2. Pengadaan Bahan : Rp. 150.000,-

3. Pelaksanaan PTK : RP. 250.000,-

Mengetahui/menyetujui

Kepala SDN Cibogo

SUMIRAT MULYANA

NIP.

Cibogo, 23 Mei 2009

Yang Mengajukan

DEDE SUHERMA.

DAFTAR PUSTAKA

Arman YS Chaniago ;(1993;252) Kamus Besar Bahasa Indonesia : Pustaka Setia

Udin S Wiranata;(2001:703);Buku Proses Kegiatan Belajar Propesional Jakarta ; Depdikbud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger